Share ilmu yuk!,

Juni 18, 2009

Ruby background process

Filed under: Ruby Programming — ugifractal @ 4:21 pm

Tadi saya membuat sebuah ruby script, yang pada intinya saya ingin ruby script tersebut berjalan terus sebagai daemon. Saya sudah mencoba menggunakan perintah linux seperti ini

ruby myprogram.rb &

Namun ternyata setelah saya signout dari ssh session, program saya berhenti berjalan. Dan alhandulillah saya menemukan sebuah gem, yang dapat membuat program ruby berjalan sebagai daemon. Nama gem nya adalah “daemons”.

Langsung saja, untuk instalasinya cukup:

gem install daemons

Setelah berhasil dalam proses instalasi. Berikut ini contoh script untuk membuat program daemon:

#run.rb
require 'rubygems'
require 'daemons'

Daemons.run('myprogram.rb')

Nah itu diasumsikan, klo nama program yang ingin dibuat daemon adalah myprogram.rb. Untuk mulai menjalankannya, cukup :

ruby run.rb start

Semoga bermanfaat.:)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

