Share ilmu yuk!,

Juni 17, 2009

Pengalaman membayar pajak STNK

Filed under: Uncategorized — ugifractal @ 9:15 am

Kemaren saya berkesempatan untuk memperpanjang STNK motor saya (Supra Fit X 2008). Perjalanan dimulai dari rumah saya di puri fajar cibeber, menuju bank syariah mandiri untuk mengambil uang dari ATM. Berhubung saya tidak tau lokasi kantor Samsat cimahi, saya mencoba bertanya ke tukang koran didepan Bank. Setelah mendapatkan petunjuk dari tukang koran, langsung saja saya meluncur ke TKP. Sesampainya disana, ternyata banyak juga orang yang memiliki tujuan yang sama dengan saya. Langsung saja saya bertanya pada petugas polisi tentang syarat-syarat pembayaran pajak STNK. Pak polisi pun menerangkan dengan ramah persyaratannya, antara lain:

  1. KTP asli + fotocopy KTP
  2. fotocopy BPKB
  3. fotocopy STNK dan STNK asli
  4. map untuk menyimpan berkas-berkas tersebut.

Saya langsung menuju tempat fotocopy, dan petugas fotocopy juga sudah tahu dan terampil, apa-apa yang diperlukan untuk pembayaran pajak. Setelah senua data tersedia, saya langsung ke loket untuk memberikan berkas-berkas tersebut. Lalu setelah pendataan selesai, saya harus menunggu sampai nama saya dipanggil untuk pembayaran pajak. Ternyata lama juga nih, menunggu nama saya dipanggil, saya tidak tahu kenapa. Tapi singkat cerita nama saya dipanggil, dan jumlah yang mesti dibayar adalah Rp 166.000,-. Langsung saya bayar, tapi belum selesai juga tuh, saya masih harus menunggu STNK untuk diverifikasi. Namun tak lama kemudian nama saya dipanggil untuk proses verifikasi. Setelah itu jadi deh STNK nya.

Semoga bermanfaat🙂

1 Komentar »

  1. ting tung
    mau sumbang dikit tulisan bro..
    proses pembayaran pajak kendaraan bermotor yang sekarang lebih mudah bro syaratnya
    tanpa pake fotocopy”an, tinggal bawa
    1.KTP asli
    2.BPKB asli
    3.STNK asli
    4.stofmap (biasanya sudah di siapkan di koperasi samsat, kita tinggal bilang “kendaraan bermotor roda 2 ato kendaraan bermotor roda 4.” penjual stofmap akan memilihkan stofmap sesuai permintaan)

    prosesnya pun kurang dari 15 menit
    tp yang bikin bete, antrinya bro…😀😛
    trims,
    smoga pembaca mendapat pencerahan

    Komentar oleh fajarmono — Juli 27, 2009 @ 1:21 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

