Share ilmu yuk!,

Maret 11, 2009

Identity verification required! Moneybookers

Filed under: Uncategorized — ugifractal @ 1:53 am

Moneybookers adalah salah satu website yang menyediakan layanan pengiriman uang antar negara. Saya sering menggunakan jasa pengiriman uang dengan menggunakan moneybookers. Dulu verifikasi menggunakan jasa pos, dimana pihak moneybookers mengirimkan kode verifikasi melalui pos.
Setelah terverifikasi, ternyata enak juga tuh pake moneybookers. Cukup kirim via website ke no rekening bank, lalu tunggu 3-4 harian. Cek deh rekening kita😀. Namun saya kaget setelah beberapa kali withdrawn dan tidak ada masalah, eh saya menemukan pesan aneh pada 18 Feb 2009 mau ambil uang. Begini pesannya:

Identity verification required!

Unfortunately we were unable to verify the data in your profile with an independent information source. Under UK anti-money laundering regulations we are therefore required to obtain an additional proof of identity before we can process your first redemption request.

We offer you the following fast and easy options:

Option 1: Charge the redemption fee to your credit/debit card (instant)
We will charge the redemption fee to your card (and increase your withdrawal amount accordingly).

Option 2: Verify your bank account (within 3 banking days)
We will make a payment to your bank account. In the reference field of the payment we will include a unique verification code which you will have to enter back at our site.

Please excuse any inconvenience caused. We hope for your understanding that such measures are imperative in order to comply with anti-money laundering legislation and prevent misuse of the Moneybookers system.”

Berhubung saya tidak memiliki kartu kredit dan rekening saya di BSM, akhirnya saya putuskan untuk memilih pilihan kedua. Yang kemudian memunculkan pesan:

Identity verification through a bank account

In order to verify your bank account, you need to request a bank transfer withdrawal with an amount less than USD 15.00. We will then make a payment for this amount to your bank account and include a unique verification code in its reference field. This is the code which you will have to enter after you receive the payment.

The verification procedure should be completed within 3 banking days. As soon as you enter the verification code successfully in the field below, your member status will be upgraded to ‘verified’. You will then be able to request withdrawals from your account freely.

Lalu saya coba dari websitenya untuk melakukan “upload fund”. Dari halaman tersebut akan muncul alamat dan tujuan pengiriman uang kita.
Akhirnya besok nya saya pergi ke bank BSM, dan coba mengirimkan uang sebesar $15 ke moneybookers, pihak bank pun menyarankan menggunakan western union, tapi saya tidak mau karena tujuan saya mengirim uang adalah verifikasi account saya di MB, dan kalau ada pihak ketiga, khawatir tidak berhasil. Dan yang perlu dicatat adalah mencantumkan no customer_id moneybookers ke kolom referensi pada formulir pengiriman uang.

Alhamdulillah dua hari kemudian, account bank saya di verifikasi dan bisa withdrawn lagi deh. Senangnya…:)

10 Komentar »

  1. Halo,

    Saya juga baru aja ngalamin masalah yang sama…

    Tapi yg saya lakuin itu ngelakuin withdraw kaya biasa dengan jumlah kurang dari $15. Sekarang lagi nunggu kode verifikasi, katanya sekitar 3 hari. Mudah-mudahan berhasil.

    Yg saya ga ngerti, kalo mas ugifractal kok malah upload fund yah? Terus kalo upload fund berarti ga pake masukin kode verifikasi?

    Mohon bantuannya, terima kasih banyak.🙂

    Salam,
    kotakmakan di Cimahi

    Komentar oleh kotakmakan — September 21, 2010 @ 11:55 am | Balas

  2. Hai juga, maaf telat jawabnya.
    Saya menggunakan opsi ke 2 Option 2: Verify your bank account (within 3 banking days)

    Klo sepengatuhuan saya sih begini, kita mesti melakukan verifikasi bank. Jadi memberi tahu bahwa bank yang kita pake memang milik kita. Hal tersebut dilakukan dengan cara mentransfer sejumlah uang ke bank tempat moneybookers menyimpan uang dengan mengikutsertakan customer_id kita ketika transfer.

    Berdasarkan text dari moneybookers “In order to verify your bank account, you need to request a bank transfer withdrawal with an amount less than USD 15.00”, menurut saya kita harus withdrawal (mengambil uang) tapi ditransfer ke moneybookers. Nah dari situ moneybookers dapat memverifikasi bahwa account saya benar.

    Saya sih ga sempet masukin kode verifikasi, karena saya udah ga sabar nunggu dan langsung meng email MB, jadi langsung diaktifin oleh MB. Gimana sekarang masih bermasalah?

    Komentar oleh ugifractal — September 24, 2010 @ 3:16 pm | Balas

  3. Hore… Iya nih sekarang udah bisa lagi, baru aja diaktifin lagi ama MB-nya. 3 hari yang lalu itu saya langsung coba nanyain ke CS MB. Ternyata besoknya (tanggal 22) CS MB ngasih balesan. Katanya ada 3 cara buat verfikasi nama (akun bank).

    1. Seperti yang mas ugifractal lakuin. Kita upload fund/uang kita ke akun MB kita.
    2. Verifikasi melalui kartu kredit.
    3. Ngirim ‘a scanned copy of bank statement for last successful transfer’.

    Jadinya kemarin siang saya datang ke BNI minta bukti transfer terakhir dari MB, terus saya scan dan saya kirim ke CS MB itu. Tadi sore saya dapet email dari CS MB itu kalo akun MB saya akan diverifikasi manual. Dan tadi akhirnya akun saya sudah terverifikasi.

    Jadinya sia-sia deh yg saya lakuin ngirim kurang dari $15 tiga hari yang lalu itu. Udah ga perlu lagi kode verifikasinya.😀 (Eh berarti sama cara yang ini jadinya semuanya ada 4 cara yah…)

    Makasih banyak atas bantuannya.🙂

    Komentar oleh kotakmakan — September 24, 2010 @ 10:44 pm | Balas

    • Oh selamat ya. Yg penting rajin2 saja nge cek limit sebelum melakukan withdrawal🙂

      Komentar oleh ugifractal — September 25, 2010 @ 8:50 pm | Balas

    • numpang tanya.. CSnya MB itu cuma bisa dihubungi lewat email kah? kalau iya, boleh tau emailnya apa?

      lalu, yang dimaksud ‘Jadinya kemarin siang saya datang ke BNI minta bukti transfer terakhir dari MB’ <–ini bukti transfer yang seperti apa ya wujudnya?

      terima kasih banyak ya buat bantuannya🙂

      Komentar oleh zabethar — April 18, 2011 @ 3:31 pm | Balas

      • maaf nih, saya lupa emailnya. Dulu saya cari2 aja di website moneybookers, trus kirim ke alamat tsb, dan ternyata dijawab klo email yg saya pake itu, bukan untuk support, jadi handle nya lama. Habis saya cari2 gak ketemu:) jadi pake aja yg ketemu.

        Komentar oleh ugifractal — April 18, 2011 @ 4:12 pm

  4. bapak saya mau tanya,
    saya membuat account MB,
    1.pengiriman pin 6 digit akan dikirim kerumah saya ,setelah saya mengupload dana dulu ke mereka?
    2.jika kita sudah transfer uang apakah account kita sudah otomatis terverifikasi
    3.jika sudah terverifikasi dengan cara ke transfer uang lewat bank,apakah harus tetap kirim scan bukti transfer pembayaran kita..
    thank say tunggu jawabanya

    Komentar oleh hamzah — Januari 23, 2011 @ 9:04 am | Balas

    • Maaf jawabnya telat nih.
      1) tidak, anda tidak diharuskan mengisi dana. setau saya MB memiliki 3 cara verifikasi. yaitu verifikasi rumah (lewat pos), verifikasi akun lewat bank, verifikasi kartu kredit.
      jika mas menggunakan verifikasi bank, maka anda tentunya harus transfer dana ke rek MB via bank dimana anda menabung. Tapi jika mas verifikasi lewat pos/6digit, maka gak perlu transfer dana.
      2) Klo kasus saya dulu, saya komplain sebelum 3 harian, dan ternyata mendapat balasan email dr supportnya bahwa akun sudah teverifikasi
      3) Gak perlu klo setau saya

      Komentar oleh ugifractal — Februari 12, 2011 @ 11:40 pm | Balas

  5. mas saya ada masalah ne, mb saya sudah terverifikasi, lalu gimana ya cara transfer dari bni internet banking ke bank mb? pilih transfer dana kliring atau rtgs trus nama bank mb nya ga ada loh di daftar nama bank… apa solusinya mas?

    Komentar oleh kiki — Maret 4, 2011 @ 6:29 pm | Balas

    • Saya gatau sih klo pake Internet banking. Cuma mendingan coba datang ke bank dan transfer uangnya, tapi pengiriman uang harus lewat bank rekening kamu. Jgn western union. Soalnya tujuan MB mastiin no rek kita bener sesuai dengan bank

      Komentar oleh ugifractal — Maret 4, 2011 @ 10:03 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

